Senin, 11 September 2017

Pengalaman Akun Gmail Beserta Isinya di Retas Hacker

Tags

Ya, baru saja saya berduka atas akun Gmail saya beserta isinya di hack/diretas pada tanggal 10 September 2017, Pukul 4.18 WIB. Oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ya akun Gmail saya yang terkena Hack itu berisi 8 blog, 3 Channel YouTube, 1 Akun Google Adsense dengan saldonya yang tidak terlalu banyak isinya, tapi lumayan buat beli pulsa, hehe. Selain itu data-data penting lainnya juga ikut kena, karena saya gunakan email yang sama.

Pengalaman Akun Gmail Beserta Isinya di Retas Hacker
Ilustrasi Hacker

Blog yang sedang Anda baca ini juga, termasuk yang kenal imbas dari hack, sampai saya sendiri kebingungan, mana saya belum sempat membackup semua artikel saya. Oke beginilah ceritanya.

Cerita Akun Terkena Hack/Perang Lewat Jaringan dan Akhirnya Saya Kalah


Pada pukul 4.18 WIB, saya sedang asik membuka blog saya, dengan niatan ingin membuat artikel dengan ide yang saya punya pada saat itu, setelah beberapa menit kemudian, saya keluar sendiri dari Blogger secara otomatis, lalu saya masukan Kata sandi saya.

Lalu bertuliskan bahwa "password Anda baru saja di ubah" wahh, saya langsung panik. Tapi saya mencoba untuk lupa password dan meminta kode verifikasi lewat nomer HP dan email yang saya taukan. Setelah itu saya pun bisa mengaktifkannya kembali.

Tapi lagi-lagi kurun dalam waktu 5 menit hal yang sama pun terjadi lagi, di ambil alih oleh pembajak akun tersebut. Lalu saya minta password lagi, ternyata semua data verifikasi saya sudah di ubah oleh hacker tersebut, lalu Google sudah tidak mengakui lagi, bahwa itu akun Gmail milik saya.

Perasaan saya tidak pernah membuat masalah kepada orang lain, malahan saya sering membantu orang yang bertanya-tanya, yang tidak mereka letahui, mungkin ada bingung kenapa kok masih ada iklan google adsensenya di blog ini, setelah kejadian ini saya langsung mendaftar Adsense menggunakan blog lain, dan hanya 3 jam saya di terima, ini juga akan saya ulas di artikel berikutnya.

Sedih, kecewa, marah tapi ya ini cobaan sebagai blogger pemula seperti saya, mungkin antara mastah pada bertanya, lah emang Agan gak mengaktifkan verifikasi 2 langkah?

Saya jawab : Kalau untuk masalah verifikasi 2 langkah, itu wajib bagi saja. Pokonya setiap saya membuat email saya selalu mengaktifkannya dan juga verifikasi via ponsel juga sudah, namun kok bisa tembus juga ya. Nah, itu yang tidak bisa saya percaya.

Lalu mas udah gak punya blog dan lainnya dong? Iyap betul.

Lah ini yang mas pake kok, masih bisa nulis artikel disini? Nah, kalau ini saya sudah mengambil alih lewat alamat domain, dengan memutuskan jaringan DNS pada blog ini yang berada di akun yang kena Hack, Nanti untuk caranya akan saya ulas di artikel berikutnya.

Saran Untuk Para Blogger/Agar Akun Gmail, Blog, Akun Google Adsense dan sebagainya aman


  1. Aktifkan verifikasi 2 langkah pada email Anda.
  2. Pasang 3 Admin/penulis di blog (jadi bila salah satu Gmail kena Hack, Anda dapat mengaksesnya dengan email lain, dan buru-buru Anda hapus email penulis yang di Retas.
  3. Jadikan juga 3 Email tersebut menjadi Administrator di akun Google Adsense anda, cara sama seperti poin nomor 2, bila 1 kena hack, masih bisa di akses dengan email lain.
  4. Jangan sering Share artikel ke media sosial, apalagi di group "Blogger Indonesia" karena di sana banyak sekali hacker yang mengintai akun Anda.

Mungkin hanya itu saya yang dapat saya sampaikan di artikel ini yang berjudul Pengalaman Akun Gmail Beserta Isinya di Retas Hacker. Bila Anda memiliki pertanyaan atau kritik dan sarannya, berikanlah komentar dibawah ini, semoga bermanfaat, terimakasih.

4 komentar

Peringatan buat semuanya nih,, bagus sekali mas brohhh...

Wah artikelnya bagus banget nich . . .

iyaa mas,ini wajib biar aman..


EmoticonEmoticon