Jumat, 01 September 2017

Cara Merawat Otomotif Suku Cadang Mobil Anda Dengan Baik

Cara Merawat Otomotif Suku Cadang Mobil Anda Dengan Baik _ Perawatan kendaraan mobil merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pemiliknya secara berkala. Hal ini dilakukan agar mobil memiliki performa yang tetap prima sekalipun dikendarai untuk jarak yang jauh. Untuk perawatan ada 2 pilihan, yaitu perawatan yang dikerjakan sendiri atau diserahkan ke bengkel mobil. Perawatan yang harus sering dilakukan adalah perawatan bagian spare part mulai dari kampas rem, balancing, karburator, dan spare part lainnya.

Cara Merawat Otomotif Suku Cadang Mobil Anda Dengan Baik
Merawat Otomotif Suku Cadang Mobil

Perawatan mobil secara berkala akan memberikan keuntungan bagi pemiliknya karena kerusakan dini pada suku cadang bisa langsung diatasi sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan yaitu kerusakan fatal yang membuat anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mereparasi mobil. Jadi anda harus tahu bagaimana cara merawat otomotif suku cadang atau spare part mobil milik anda dengan baik dan tepat:

1. Mengetahui suku cadang yang asli dan juga imitasi, hal ini dilakukan agar anda tidak salah atau tertipu saat membeli suku cadang bukan di bengkel resmi. Dengan suku cadang yang asli, dijamin performa mobil akan semakin hebat dan anda akan nyaman ketika mengendarainya. Sedangkan suku cadang imitasi akan cepat rusak yang membuat anda merasa tidak nyaman mengendarai mobil milik anda.

2. Periksa semua perlengkapan sebelum menggunakan mobil, apakah spare part mobil berfungsi dengan benar atau ada sedikit masalah. Jika terjadi masalah, jangan ragu untuk segera dibawa ke bengkel agar segera diatasi. Jangan dibiarkan karena bisa membahayakan anda dan penumpang lainnya.

3. Lebih baik merawat mobil dibanding harus mengganti spare part mobil, dengan merawat maka biaya perawatan akan sedikit, sedangkan jika harus mengganti maka biaya perawatan akan banyak. Jadi sebaiknya anda membawa mobil ke bengkel secara rutin agar kerusakan dini bisa diketahui dan segera diatasi.

Itulah cara merawat spare part agar mobil tetap dalam performa yang baik dan bisa dikendarai kemanapun yang anda inginkan. Ketahui juga apa saja spare part yang harus sering dicek dan diganti. Berikut ini ada 4 spare part yang harus diganti dalam jangka waktu yang pendek.

  1. Oli mesin, spare part pertama yang harus sering diganti adalah oli mesin setiap 5.000 km sesuai anjuran dan petunjuk penggantian, hal ini dilakukan agar mesin terus bekerja dengan baik sehingga tidak terjadi goresan dan mesin selalu dingin ketika dikendarai.
  2. Busi, spare part ini memiliki fungsi membakar campuran bahan bakar agar mesin bisa menyala dan berjalan. Jika busi sudah tidak lama diganti dan kotor akan membuat pembakaran menjadi terganggu sehingga mesin akan sulit menyala. Jadi sebaiknya segera ganti busi setelah jarak pemakaian mobil 20.000 sampai 30.000 km.
  3. Aki, salah satu spare part penting pada mobil karena aliran listrik yang berasal dari aki bisa membuat semua fungsi spare part mobil mampu bekerja dengan normal. Usia pemakaian aki biasanya 2 sampai 3 tahun, jadi setelah melebihi jangka waktu tersebut, sebaiknya jangan ragu untuk segera ganti aki baru.
  4. Kanvas rem, spare part satu ini juga memiliki peran penting pada mobil karena pengereman yang baik berasal dari kanvas rem yang berkualitas. Penggantian kanvas rem biasanya setiap 20.000 km agar rem mobil bekerja dengan baik dan tidak membahayakan anda.

Itulah ulasan Otomotif mengenai cara merawat 4 spare part yang harus diganti sesuai jangka waktu usia pemakaiannya agar mobil anda bebas masalah. Kini anda pun dimudahkan oleh MatahariMall.com karena semua spare part atau suku cadang mobil telah tersedia secara lengkap. Cukup kunjungi MatahariMall.com lalu masuk ke halaman otomotif dan Anda bisa memilih suku cadang mobil yang Anda butuhkan. Mulai sekarang rawatlah mobil milik anda agar kapanpun dibutuhkan selalu siap dikendarai tanpa hambatan.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon