Sabtu, 24 Juni 2017

6 Tips Sukses Bergaya Hidup Hemat Ala Mahasiswa

Tags

Tips Sukses Bergaya Hidup Hemat Ala Mahasiswa - Saat kuliah atau masih bersekolah tentunya menjadi masa yang paling indah.  Masa di mana kita memiliki banyak teman, bisa belajar bersama bahkan  bersenang-senang bersama. Namun, bagi anak kost atau perantauan yang secara finansial hanya bergantung pada uang saku setiap bulannya, harus pintar-pintar mengelola keuangannya dan wajib menerapkan gaya hidup hemat supaya uang sakunya bisa mencukupi hingga akhir bulan.

Bergaya Hidup Hemat Ala Mahasiswa
Tips Sukses Bergaya Hidup Hemat Ala Mahasiswa

Untuk itu, perlu langkah tepat supaya bisa berhemat, syukur-syukur bisa menabung agar dapat menjadi modal selepas kuliah kelak. Lantas, bagaimana caranya?

Tips Hemat Ala Mahasiswa Yang Wajib Anda Coba


1. Rutin Membawa Bekal

Membawa bekal makanan sendiri di kampus atau sekolah adalah solusi tepat agar kamu senantiasa mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Dengan membawa bekal sendiri, kamu dapat mempersiapkan makanan sendiri sebelum berangkat ke sekolah atau kampus. Kamu juga dapat memilih asupan makanan yang bergizi dan praktis misalnya: roti sandwich mayonise sayur dengan air mineral.  Selain tubuh yang sehat,  kamu juga  bisa menghemat uang saku dengan membawa bekal ke sekolah atau kampus.

2. Sarapan Secara Teratur


Keperluan makan merupakan salah satu pengeluaran dengan jumlah terbesar dari uang saku.  Upayakan untuk sarapan secara teratur agar dapat beraktivitas di kampus atau sekolah dengan baik.  25 % asupan gizi harian kamu terbukti secara ilmiah berasal dari rutinitas sarapan. Tentunya menjaga kesehatan dengan sarapan teratur akan mencegah kamu  terserang penyakit. Cara ini akan menjadi salah satu inventasi jangka panjang untuk  menghemat uang saku bukan?

3. Membeli Barang Sesuai dengan Kebutuhan

Gaya hidup yang mewah akan membuat upaya menghemat uang saku menjadi gagal. Upayakan untuk membeli barang sesuai kebutuhan saja.  Misalnya, saat ingin membeli tas untuk keperluan sekolah, belilah  tas dengan model sederhana namun fungsional dengan harga yang relatif murah. Cara ini akan membantu kamu untuk sukses menghemat uang saku.

4. Menjadi Freelancer

Freelancer atau kerja paruh waktu kini marak diikuti oleh para pelajar atau mahasiswa yang ingin menambah uang sakunya. Misalnya: menjadi penulis artikel online, penjaga warnet part time atau sebagai staf petugas perpustakaan kampus paruh waktu. Kamu bisa ikut melakukan cara  tersebut untuk menambah uang saku setiap bulannya. Bahkan waktu belajar di sekolah atau kampus tidak akan terganggu karena jenis pekerjaan ini dapat kamu lakukan secara paruh waktu di luar jam sekolah / kuliah.

5. Manfaatkan Fasilitas Gratisan

Banyak tersedia fasilitas gratisan khususnya bagi para pelajar atau mahasiswa di sekitar kampus atau sekolah.  Jangan sia-siakan peluang tersebut, manfaatkanlah untuk menunjang keperluanmu. Misalnya fasilitas baca buku, peminjaman buku gratis di perpustakan, drinking fountain gratis dan wifi gratis untuk browsing berbagai referensi tugas kuliah atau sekolah.


6. Lakukan Belanja dengan Cerdas

Jika kamu ingin belanja keperluan pribadi maupun kebutuhan untuk sekolah, lakukan belanja cerdas dengan melakukan riset terlebih dahulu tehadap barang-barang yang akan kamu beli. Bandingkan harga antara satu toko dengan toko lain untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Upayakan tetap memilih barang dengan kualitas yang bagus meskipun harga jauh lebih murah.

Nah itulah ulasan tentang beberapa cara ampuh untuk menghemat uang saku dan bergaya hidup hemat ala mahasiswa. Cukup mudah bukan? Kamu bisa langsung mempraktekkan cara-cara di atas agar segera merasakan manfaatnya yaitu sukses menghemat uang saku bulanan dan tetap bisa rutin menabung. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon